Halal Food in Japan [UPDATE]

Anyone can travel without see their age, races, colour and religion.

Hallo! Mau ngeblog lagi dan mudah-mudahan bermanfaat bagi nusa dan bangsa. 😁

Jadi sebelumnya saya sudah membahas perjalanan saya di Jepang beberapa juta tahun yang lalu (lebay deh si mbak), nah di post ini saya mau membahas atau mereview restoran halal yang ada di Jepang dan yang sudah saya singgahi. Jadi review ini jadi mungkin agak subjektif ya.

Banyak yang bilang cari makanan halal di Jepang susah. Kata siapa ? Emang bener. 😂 tapi jangan sedih, saat ini sudah banyaaaaak sekali restoran halal yang ada di Jepang. Seiring bertambahnya muslim di Jepang (baik pekerja Asia, wisatawan muslim Asia, dan muallaf Jepang sendiri-Subhanallah!), jadi banyak restoran yang concern mengenai kehalal-an agar dapat dikonsumsi saudara/i yang beragama Islam. Saya akan membagi berdasarkan daerah yang saya kunjungi. Yuk berangkat !

1. TOKYO

a.  SEKAI CAFE

Terletak di Asakusa, Sekai Cafe berada di sebelah kiri Nakamise-tempat jualan souvenir di asakusa. Letaknya ada di gang sebelah kiri dekat Kaminarimon (lentera gede gerbang Asakusa Temple). Ambience restoran bergaya modern ini menyediakan makanan halal bergaya Jepang. Waktu itu saya memesan Teriyaki Chicken Don, soal rasa sih biasa aja, nothing special. Atau karena saya tidak begitu lapar, jadi yah kurang nafsu. Hahahaha.

wp-1485645060729.jpg

Teriyaki Chiken Don

Untuk mengetahui menu-menu yang ada di Sekai Cafe Asakusa silahkan klik link ini dan di bawah ini panduan lokasi Sekai Cafe Asakusa.

wp-1485653374976.jpg

Lokasi Sekai Cafe Asakusa, 3 menit dari Asakusa station!

b. SHINJUKU-GYOEN RAMEN OUKA

Warung makan ramen ini terletak di Shinjuku dekat dengan Shinjuku-gyoen Garden. Lokasinya dekat dengan Shinjukugyoen-Mae metro station dan sangat mudah dijangkau. Bersiap-siap lah untuk mengantre apabila memang sudah waktunya makan (maksudnya lunch atau dinner gitu. 😂) Waktu itu saya antre sekitar 2 jam dalam dinginnya malam musim semi (brrrr) untuk mencicipi ramen ini. Saya memesan Halal Ramen Combo Large dengan mendapatkan ramen porsi besar, yakitori, nasi, ayam dan telur. Dengar pesanan saya saja sudah gumoh, banyak banget ! Saya nggak habis nasi waktu itu, sedih. Mungkin kelamaan antre membuat saya kalap. Tapi beneran, porsinya besar sekali. Rekomendasi saya pesan porsi kecil saja, kecuali kalau kalian sanggup makan banyak. Hahaaha.

wp-1485645086139.jpg

Halal Ramen Combo Large, tidak pedas sama sekali (saya nggak suka pedas)

wp-1485653432623.jpg

Lokasi Ramen Ouka hanya 4 menit dari Shinjukugyoen-Mae metro station (tidak tercover JR PASS)

 

c. AYAM-YA OKACHIMACHI

Restoran ramen halal Ayam-Ya pertama kali membuka cabang di Kyoto (dibahas dalam poin di bawah). Dan kali ini, restoran ini membuka cabang di Tokyo dekat dengan stasiun Okachimachi. Soal rasa, jangan ditanya lagi karena ini merupakan ramen favorit saya selama di Jepang karena kuah creamy kaldu ayam-nya itu sangat mmmmmmm **lap iler**

Posisi Ayam-Ya Okachimachi ini dekat dengan taman, kalau kalian sudah menemukan taman, pintu masuk Ayam Ya ada menghadap ke selatan (peta di bawah, tanda arah panah).

wp-1493167847814.

Spicy Tori Ramen Shio with topping soft boled egg.

38eec8e7380c69574402cbd28bb16294

Menu Ayam-Ya Okachimachi (source)

wp-1493170837211.

Lokasi Ayam-Ya Okachimachi dengan stasiun terdekat Naka-Okachimachi(subway)* exit 1 atau 3/Ueno Okachimachi (metro)* exit 1 atau 3/Okachimachi (JR)

note : * tidak tercover JR PASS.

d. NARITAYA ASAKUSA

Tahun lalu, saya berkunjung ke Naritaya di Gion, Kyoto (post di bawah). Pada dasarnya, cabang pertama Naritaya itu ada di Asakusa, Tokyo. Nah berhubung perjalanan saya kemarin di Tokyo, jadi saya mampir di cabang Asakusa. Letaknya tidak begitu jauh dari Kuil Sensoji Asakusa, hanya 3 menit saja jalan kaki. Ketika saya ke sana, saya beruntung karena tidak antre, padahal termasuk jam makan siang. Hehe. Saya pesan Beef Rice Bowl Large dan porsinya benar-benar LARGE. Sampai orang Naritaya meyakinkan saya lagi, apa benar pesan yang large hingga menunjukkan seberapa besar mangkuknya, dan saya bilang, I am pretty sure. Dan pas waktu disajikan, beneran GEDONG BOKKK. Untung abis. Antara laper banget dan doyan sih. Hahahhahaha.

0ee49865ecf1cb5db4b747d04ad474a1

Menu Naritaya Asakusa (source)

wp-1493167847809.

Beef Bowl Large!

wp-1493170202469.

Lokasi Naritaya Asakusa dari gerbang Kuil Sensoji Asakusa!

 

e. KAIJIN SHINJUKUHONTEN

Lebih dikenal dengan Menya Kaijin, restoran ramen ini terletak dekat Stasiun Shinjuku (south east exit). Ramen yang disajikan di Menya Kaijin ini dengan kuah berbahan dasar seafood, jadi sudah pasti muslim friendly! Restoran ini tidak bersertifikat halal, namun semua ramen yang disajikan berbahan dasar seafood. Dan jika kalian tetap concern dengan bagaimana cara pemotongan hewan secara halal atau tidak, kalian bisa request untuk memesan shrimp ball di dalam ramen daripada chicken meat ball. Soal rasa, enak! Tapi sayurannya bikin ngga enak, karena ada kucay (daun hijau-hijau gitu) dan jahe. Merusak rasa aja, kalau menurut saya. Hehehe. Kalau mau niqmat, disingkirin aja sayurannya. Hahahaha.

dscf0392

Menu Menya Kaijin (source)

 

wp-1493167847808.

Enyak! Sayurannya ngga enak tapi! Hahaha.

wp-1493190624846.

Lokasi Menya Kaijin dari South East Exit stasiun Shinjuku.

e9babae5b18be6b5b7e7a59e2-2

Penampakan dari depan Menya Kaijin. Restorannya ada di lantai 2.

2. KYOTO

a. AYAM-YA KYOTO

Ke Jepang itu harus banget nyobain ramen! Apalagi kalau perginya musim-musim suhu di bawah 20 derajat, hasrat ingin yang hangat-hangat makin tinggi! 😂 berbekal browsing lokasi resto ini yang susah banget, ternyata gampang banget ditemukan. We were fooled by internet. Fak ! 😂 Jadi setelah kita menemukan lokasi resto ini, langsung deh kita antre. Iya antre, penuh mas, mbak. Tapi tidak begitu lama, Alhamdulillah. Ayam-Ya ini spesialis ramen atau mi-mi an. Saya mencoba ramen…. Itu rasanya Ya Allah Ya Rahiim, nikmat Tuhan mana lagi yang masih kamu dustakan? 😂😂 enak banget. Efek kelaparan sama kedinginan kali ya? Bisa jadi, tapi beneran enak banget. Mirip Seirock-Ya lah kalau di Indonesia. Kuah creamy kaldu ayam-nya itu. Aduh jadi lapar. 😂 Ini lokasinya, jangan sampai ketipu kaya saya yah. 😁

wp-1485645184174.jpg

Noko Tori Ramen Shio. HENAK BHANGETZ!

menu-ayam-ya-page-001

Daftar Menu dan Harga Ayam-Ya Kyoto

wp-1485653397343.jpg

Lokasi Ayam-YA Kyoto dari Kyoto Station

b. NARITA-YA GION

Sehabis dari hutan bambu Arashiyama , kelaparan dong kami. Sekalian menuju Kiyomizu-dera, kami mampir ke Gion. Dan selidik, Narita-Ya baru buka cabang di Gion, Kyoto. Iya, Narita-Ya itu cabang pertama ada di Asakusa, tapi saya tidak sempat ke sana, jadi yaudah sekalian di Kyoto saja. Lokasinya cukup dekat dari Maruyama Park. Menu di sini bervariasi, ada rice bowl wagyu (duh laper lagi), ramen, gorengan (jangan ngarep ada bakwan atau risol ya 😂), dll. Saya pesan ramen shoyu di sini sama chicken karage dalam paket Ramen Noodle Set.

wp-1485645126748.jpg

Ramen Noodles Set

naritaya

Menu Naritaya Gion

wp-1485653413182.jpg

Lokasi Naritaya Gion dari Gion-Shijo Station (Tidak Tercover JR PASS)

3. KAWAGUCHIKO

a. ALADDIN INDIA RESTAURANT KAWAGUCHIKO

Hasil browsing semedi setahun tiga bulan, hanya menemukan Aladdin Restaurant untuk resto halal di Fuji-Kawaguchiko. Namanya aja udah jelas dong ini resto jual masakan apa. Tegal. 😂 Makanan India, mbak! Saya waktu itu pesan salad doang. Sumpah nggak bohong, tapi saya irit. Untung jalan sama kakak saya, jadi dia beli chicken biryani sama istrinya, dan itu enak. Saladnya juga seger banget, enak. Jadi pingin ke India. (eh ?) lokasinya juga dekat dari tempat saya menginap. Jadi cucok lah.  Tapi maaf banget saya nggak foto makanannya karena saya lupa bawa kamera karena letaknya dekat dengan saya menginap. Haha.

wp-1485653461856.jpg

Lokasi Aladdin Restaurant dekat dengan K’s House Mt. Fuji.

Ada satu restoran lagi yang mau saya bahas, tapi ini tidak ada label halalnya. Namun saya memastikan di menu-nya nggak ada masakan dengan daging babi. Jadi wallahu alam, bismillahirahmanirrahim aja, kemudian allahumma bariqlanaa eh lah jadi baca do’a makan. 😂

4. HIMEJI

a. MENME RESTAURANT

Saya dapat rekomendasi dari TripAdvisor bahwa restoran ini memiliki mie soba yang enak. Saya cek n ricek, dan lihat menunya, bahwa tidak ada daging babi dalam menu-menu yang disajikan. Oke, kakak saya pesan soba seafood, dan saya pesan udon bonito (cumi). Aduh mak, itu enak banget, disajikan kuah panas. Dan saya nggak pernah suka udon waktu makan di restoran di Indonesia, karena menurut saya soba yang saya makan itu keras dan susah dikunyah. Terbuat dari karet tampaknya. 😂😂 Soba ini berbeda. Si bapak membuat mie handmade di depan mata kita. Hahahaha. Dan menurut saya mie nya sangat lembut. Jadi pingin makan udon lagi. 😍

wp-1485645146543.jpg

Menme Udon. HENAK NGEUTZ!

wp-1485828723720.jpg

Menu Menme Himeji

wp-1485653446657.jpg

Lokasi Menme Restaurant dari Himeji Station.

Segitu saja restoran yang bisa saya review. Berhubung saya tahun ini pergi lagi ke Jepang, saya akan update lagi kelak! See you soon. 🙌

 

P.S : Blog ini sudah saya update dengan keberangkatan saya di tahun 2017. Mudah-mudahan sangat membantu di kemudian hari. Selamat berjalan-jalan di Jepang!

wp-1483754933666.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s