Cinta Beda Agama

Tuhan memang satu, kita yang tak sama.

Begitulah sepenggalan lirik dari sebuah lagu yang dinyanyikan Marcell Siahaan. Ya, cinta beda agama. Menurut pandangan orang, ada yang bilang itu sia-sia. Ada juga yang bilang itu semakin memperkaya diri sendiri dalam menghargai sesuatu.

Saya ? Menurut saya memang itu sia-sia dan dapat memahami orang lain. Saya pernah punya pengalaman dengan orang Belgia. Walaupun saya tidak pernah berjumpa secara “nyata”, namun kami menjalin hubungan. Saya muslim, dia katolik. Kami tidak terlalu religius, namun kami masih menetapkan iman kami. Tapi kami masih sayang, dahulu.

Point of view dari tulisan ini sebenarnya bukan cerita pribadi saya, saya hanya questioning sesuatu hal. Beberapa waktu lalu saya menjalani perjalanan dinas ke Denpasar, Bali. Kalian tahu, Bali memang asal dari penduduk beragama Hindu. Sesuatu hal yang menggelitik saya adalah waktu seseorang bertanya “Tidak mau cari jodoh orang Bali ?” sontak saya kaget. Dengan kalem saya menjawab “Duh, beda agama, pak. 😅”.

Jujur menurut saya, banyak laki-laki Bali yang manis, tapi ya itu, perbedaan agama antara saya dan mereka.

Kemudian bapak itu berkata kembali “Tidak apa-apa berbeda agama.”

Nah ini yang menjadi pertanyaan saya, kenapa mereka bilang tidak apa-apa pernikahan beda agama. Saya punya beberapa contoh kasus seperti tetangga saya, mereka menikah beda agama dan masih langgeng hingga usianya yang menginjak paruh baya. Serta teman saya yang menikah dengan katolik.

Ada yang bisa menjelaskan, mungkin orang Hindu? Saya hanya penasaran, namun hal ini menarik untuk diperbincangkan. 🙂

2 thoughts on “Cinta Beda Agama

Leave a Reply

