Wisata Kuliner di Makassar, Sulawesi Selatan

Apa kareba? Baji-baji ji?

Ada yang mengenal bahasa di atas? Apa? Bahasa kalbu? Wah parah. 😂 (hanya bercanda jangan dimasukkan ke hati ya pembaca. :)) Iyak, jawaban kamu benar, itu bahasa Makassar. Saya pernah ke Makassar tahun 2014, namun dalam rangka business trip. Karena punya jadwal yang padat (tsahheeyyy), jadi saya hanya wisata kuliner di sekitar Makassar. Ibukota dari Sulawesi Selatan yang terkenal dengan Anging Mamiri-nya (Anging lho ya, bukan angin. 😂) ini mempunyai segudang kuliner yang pantang dilewatkan. Apa saja sih, ayo kita makan !

1. Sop Konro Karebosi
Dari namanya sudah keren ya, Karebosi. Konon kabarnya, Karebosi ini diambil dari nama lapangan yang paling heitz bin tenar di Makassar, yaitu Lapangan Karebosi (alun-alun kota). Terletak di Jl. Gunung Lompobattang, rumah makan yang terdiri dari dua lantai ini terlihat ramai. Ketika saya menyambanginya, tentu ini rekomendasi dari driver kantor saya. Saya pesan konro bakar, penasaran dong apa sih itu konro? Yep, iga sapi. Penyajiannya yaitu iga sapi di bakar, kemudian diberikan bumbu kacang serta diberi pelengkap sup daging sapi. Rasanya ? Nikmat Tuhan mana lagi yang masih kamu dustakan? 😂😂 Endeuuuzzzz!dscn3165-01.jpeg

2. Coto Makassar Dewi
Indonesia memang terkenal dengan kuliner bernama soto. Kamu bisa menemukan soto di seluruh penjuru Indonesia, tentunya di Makassar. Kali ini driver saya mengajak untuk mencoba Coto Dewi yang berada di Jl. Sunu, Makassar. Kalau dilihat sih, tidak meyakinkan tempatnya. Pas masuk ke dalam, oke, panas. Hahahaha. Tapi cukup ramai. Tertantang lah perut ini untuk melahap semangkuk kecil coto Makassar. Kebanyakan orang, atau memang aslinya menyantap cotto ini dengan ketupat. Namun saya dengan nasi. Rasanya ? Juara dunia! Kuah kaya akan rempah serta daging sapi lembut benar-benar memanjakan perut saya yang lapar kala itu hasil flight pagi. 😂 harganya pun cukup terjangkau.

dscn3125-01.jpeg

3. Ikan Bolu
Apa sih ikan bolu? Kue? Itu yang pertama kali terlintas di pikiran saya. Hahaahaha. Jadi, ikan bolu itu tenar di tanah Jawa dengan sebutan ikan bandeng. Ya ampun, dunia sempit. 😂😂 Yang membuat istimewa yaitu ikan ini disajikan dengan sup asam segar. Kebetulan saya waktu itu makan di rumah makan kecil dan menurut saya itu enak! Dengan daging yang super tebal serta gurih segar kuah sup membangkitkan gairah (makan) saya.

dscn4421-01.jpeg

4. Pallubasa Serigala
Deuh namanya ngeri kali, lae ! Iya, dinamakan serigala karena terletak di Jl. Serigala. Aslinya sih Pallubasa H. Haeruddin. Biar lebih sangar aja ya. Hahahaha. Pallubasa itu sejenis soto dengan kuah santan dan kaya rempah. Yang lebih ngeri lagi, isinya itu jeroan. Yummy ! Bagi yang tidak suka jeroan, kamu bisa request untuk daging saja. Anyway, kamu bisa juga menambah telur mentah untuk disajikan ke dalam pallubasa. Rasanya bikin ngences ! Enak! Cuma ya terlalu santan. Hati-hati kolesteyoy ! 😂😂image

Jadi, itulah wisata kuliner yang saya rekomendasikan di Makassar, Sulawesi Selatan. Sedih sih kala itu saya tidak bisa jalan-jalan, namun saya sangat berterima kasih kepada driver saya untuk mengantarkan nafsu birahi saya terhadap makanan untuk icip-icip kuliner lokal khas Makassar. Sampai jumpa di jalan jajan di kota lain! xx

2 thoughts on “Wisata Kuliner di Makassar, Sulawesi Selatan

Leave a Reply

